Tips Menjaga Kesehatan Organ Paling Vital Yaitu Hati

tips menjaga kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan – Ingat, setiap organ tubuh sangat penting, terlebih organ hati Anda. Fungsi yang paling vital hati adalah sebagai pencerna makanan (protein, lemak, karbohidrat) membentuk empedu dan membuang racun dari darah.

Jika Anda menyayangi hati Anda maka konsumsilah makan dan minuman yang cocok. Lalu, apa sajakah asupan yang baik untuk kesehatan hati kita? bagaimana tips menjaga kesehatan hati?

Pada intinya hati Anda sehat dipengaruhi oleh asupan yang Anda berikan pada tubuh. Dan sebaliknya, jika Anda mengkonsumsi makan dan minuman yang di dalam tidak mengandung asupan yang baik bagi hati maka akan terjadi ancaman tersendiri bagi organ Anda tersebut.

Dan hati juga berfungsi sebagai benteng atau tameng sekaligus pelindung dari segala ancaman zat yang mengganggu dan membahayakan tubuh.

Untuk itu, jagalah kesehatan hati Anda, berikan asupan yang baik bagi tubuh dan hati Anda. Berikut adalah tips menjaga kesehatan hati. ini adalah prinsip asupan yang bisa menjadikan hati Anda terjaga dengan baik :

 

Hindarilah makanan yang mengandung banyak gula dan lemak berlebih

Tips menjaga Kesehatan yang pertama. Apakah Anda tahu bahwa mengkonsumsi gula berlebihan dapat menjadikan simpanan lemak dalam hati? Sama halnya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak secara terus menerus.

Jika kebiasaan mengkonsumsi makan berlemak dan mengandung kadar gula tinggi ini menjadikan tumpukan lemak pada sel-sel hati jika tidak dikontrol dengan baik.

Akibat dari itu semua tumpukan tersebut bisa menjadikansistem perlemakan hati (non-alcoholic fatty liver disease), akibat dari ini menjadikan hati tidak bisa berjalan secara normal sebagaimana fungsinya.

 

Jauhi dan hindari mengkonsumsi alkohol secara berlebih

Tips menjaga Kesehatan yang kedua. Hati akan bekerja keras memproses dan melakukan metabolisme terhadap alkohol yang Anda konsumsi. Jika Anda mengkonsumsi alkohol secara berlebihan maka sama dengan Anda mengkonsumsi lemak berlebih, iya sama, penumpukan lemak pada hati.

Dan yang lebih membahayakan lagi adalah ketika mengkonsumsi alkohol berlebih dan tidak sewajarnya maka yang terjadi adalah menjadikan kanker hingga sirosis hati.

 

Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan

Tips menjaga Kesehatan yang ketiga. Tidak selamanya oksidan itu baik, namun oksidan bisa dikategorikan sebagai radikal bebas yang bisa menjadikan rusaknya sel-sel tubuh bila terdapat dalam jumlah banyak. Hati merupakan organ yang sangat aktif memetabolisme tubuh (semua zat yang berbahaya bagi tubuh) menjadikan hati bekerja ekstra dan banyak mendapatkan ancaman radikal bebas.

Untuk itu, agar agar sel-sel hati tidak mudah rusak akibat radikal bebas maka konsumsilah makan yang mengandung antioksidan.

Di bawah ini adalah contoh-contoh makanan yang mengandung antioksidan :

  • Segala jenis makanan yang mengandung vitamin A. Katakanlah wortel, bayam, mangga, kale, keju, pepaya, susu, melon, telur, salmon, minyak ikan kod dan sebagainya.
  • Segala jenis makanan yang mengandung vitamin C seperti halnya paprika, sayuran yang berwarna hijau gelap, brokoli, kiwi jambu biji, dan berbagai macam beri semisal strawberry, pepaya, tomat dan jeruk.
  • Segala makanan yang mengandung vitamin E. Seperti biji bunga matahari, bayam, kacang almon, pepaya, brokoli, alpukat dan lainnya.
  • Yang terakhir adalah temu lawak. Berdasarkan sebuah peneliti para ahli kesehatan, bahwasannya curcumin yang merupakan ekstrak dari temu lawak rupanya baik untuk kesehatan organ hati. Rupanya lagi curcumin bersifat seperti antioksidan bisa mencegah penumpukan lemak berlebih di hati. Selain itu mampu menurunkan enzim sebagai penanda kerusakan hati didarah.

Itulah beberapa Tips menjaga Kesehatan yang hati. Ini adalah prinsip untuk memilih mengkonsumsi atau memakan-makanan yang baik untuk organ hati. Jadikanlah semua makanan tersebut sebagai prinsip dalam kehidupan sehari-hari. Jangan menyerah untuk memperjuangkan hati Anda dari ancaman kerusakan. Jangan lalaimemilih asupan yang bisa merusak dan mengancam hati Anda.

Demikianlah beberapa Tips menjaga Kesehatan hati dan prinsip dalam memilih asupan makanan untuk hati. Terapkanlah Tips menjaga Kesehatan tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Jangan biarkan hati Anda mengalami kerusakan, hanya karena lalai memilih asupan yang baik untuk hati!

379 total views, 1 views today